Temu Wicara “Ngumpulke Balung Pisah” dengan Masyarakat DIY di Jakarta dan Sekitarnya

Jakarta- Bertempat di Hotel Santika, Jl. Pintu I TMII Jakarta, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan leading sector Kantor Perwakilan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta pada hari Sabtu (14/07/2018) menyelenggarakan Temu Wicara (Ngumpulke Balung Pisah) dengan masyarakat DIY yang tinggal di sekitar JABODETABEK dengan tema “Sosialisasi RPJMD DIY 2017-2022 dalam rangka Mendorong Optimalisasi Pembangunan Daerah”. Kegiatan tersebut menghadirkan Wakil Ketua DPRD DIY bapak Arif Noor Hartanto, SIP dan Kepala BAPPEDA DIY bapak Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si sebagai narasumber.

Kepala BAPPEDA DIY sebagai teknokrat meyampaikan visi misi Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk 5 tahun ke depan  yang memuat target-target Pemerintah Daerah DIY  dalam rangka memajukan pembangunan DIY. Optimalisasi wilayah selatan dan barat DIY menjadi titik utama dalam pembangunan DIY, baik dari sisi wisata, potensi kelautan, dan akses transportasi. Hal ini dilakukan untuk mengatasi ketimpangan wilayah antara sisi utara dan timur DIY dengan sisi Selatan dan Barat DIY. Pembangunan di beberapa titik juga untuk mendukung pembangunan New Yogyakarta International Airport.

Wakil Ketua DPRD DIY, pada kesempatan kedua menyatakan bahwa DPRD mendukung visi misi Pemda DIY untuk kemajuan pembangunan dalam lima tahun kedepan dimana dalam hal ini DPRD berperan untuk memberikan sinergi, serta melakukan cek ricek dalam menyeimbangkan beberapa aspek pembangunan yang bertujuan mengatasi ketimpangan wilayah dan pendapatan yang terjadi di DIY dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

Temu wicara ini diakhiri dengan diskusi terbuka antara narasumber dan peserta temu wicara serta disambut antusias dari para peserta yang ditunjukan dengan banyaknya pertanyaan dan masukan-masukan yang disampaikan terkait pembangunan fasilitas di daerah Gunung Kidul di wilayah Selatan dan Kulon Progo di wilayah Barat serta tak lupa masukan yang terkait dengan pembangungan SDM di wilayah DIY pada umumnya.

 

-Kaperda DIY-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *