Temu Wicara dengan Kantor Perwakilan Se-Indonesia

­Jakarta – Selasa, 13 November 2018 bertempat di Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah dengan peserta kantor perwakilan se Indonesia diadakan Temu Wicara dengan konsep Capacity Building. Seksi  Hubungan Antar Lembaga menjadi leading sektor dalam penyelenggaraan acara ini. Temu wicara kali ini mengangkat tema “Kita Tak Sama, Kita Kerjasama”.  Kantor Perwakilan Daerah DIY dalam acara ini menghadirkan bapak Muhammad Amin selaku konsultan SDM, yang juga menjabat sebagai Direktur Cipro Edu-Consulting. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan karakter SDM dan meningkatkan kerjasama antar kantor perwakilan.

Di awal acara disampaikan program kegiatan dari FORKAPSI yang mencakup tentang kelembagaan, sumberdaya manusia, dan peningkatan mutu tatalaksana. Selanjutnya masuk dalam acara inti membahas tentang peningkatan kualitas SDM. Dimulai dengan pengenalan potensi diri dan memunculkan kemauan untk melakukan perubahan dari masing-masing individu. Dari kemauan untuk berubah ini yang akan menjadi motor penggerak kemajuan Kantor Perwakilan. Hal utama yang perlu dihindari dalam proses bergerak maju adalah rasa nyaman. Setelah melakukan pengenalan potensi, yang diperlukan dalam suatu kantor adalah pemetaan SDM sehingga jalannya pekerjaan akan lebih efektif dan efisien. Kerjasama dalam sebuat tim juga sangat diperlukan, baik itu internal kantor maupun antar Kantor Perwakilan. Terlepas dari pengenalan potensi, pemetaan SDM, serta kerjasama, ada hal yang paling penting yang tidak bisa dihindari untuk kemajuan sebuah kantor atau lembaga yakni “attitude”. Hal ini tidak dapat ditinggalkan pada sebuah kantor yang menginginkan suatu kemajuan.

Dari rangkaian acara temu wicara dengan Kantor Perwakilan Daerah se Indonesia ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dan memudahkan jalinan kerja sama antar kantor perwakilan di Indonesia.

 

-Kaperda DIY-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *