Protokoler Gubernur DIY Pada Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020

Jakarta (15/6/2021) kaperda.jogjaprov.go.id – Badan Penghubung Daerah DIY melaksanakan Protokoler Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta dalam acara penganugerahan Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Selasa (15/6/2021) di Gedung Manggala Wanabhakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jakarta.

Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh Peringkat 2 Kategori Pemerintah Daerah Provinsi atas komitmen Kepala Daerah dan DPRD dalam menjaga kualitas lingkungan di daerahnya.

Penghargaan yang bertema Restorasi Ekosistem tersebut dihadiri oleh perwakilan kepala daerah diantaranya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Perwakilan Gubernur DKI Jakarta, Bupati Sukoharjo, Bupati Sleman, Walikota Ambon, Walikota Madiun, Walikota Bontang, Bupati Banyuwangi serta Kepala Daerah dan Ketua DPRD lainnya yang hadir secara daring.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal LHK, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, M. M. menjelaskan bahwa Nirwasita Tantra merupakan penghargaan kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas hidup di daerahnya.

Proses pemberian penghargaan Nirwasita Tantra sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pimpinan Daerah.

“Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra merupakan bentuk apresiasi Pemerintah (pusat) yang diberikan kepada Pimpinan Daerah atas aktualisasi kepemimpinan yang berorientasi green dan deep green dalam memimpin pemerintahan daerah, baik eksekutif maupun legislatif, diantaranya merumuskan, menetapkan dan implementasi kebijakan berupa program kerja dan langkah-langkah kerja dalam orientasi yang secara ketat mengandung prinsip pembangunan berkelanjutan dalam upaya menjaga, melindungi, memelihara guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di wilayah daerah masing-masing di seluruh Indonesia,” jelas Dr. Ir. Siti Nurbaya, M. Sc., Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam arahan dan sambutannya.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam video testimoninya mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Saya Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengucapkan terimakasih atas penganugerahan Nirwasita Tantra Tahun 2020 kepada Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Anugerah ini menjadi motivasi sekaligus tantangan bagi Pemda DIY dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan demi sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat,” ucap Gubernur DIY.

Acara dilanjutkan dengan sesi Talkshow yang dimoderatori oleh Zilvia Iskandar, Presenter Berita Metro TV dengan tajuk Peran Kepala Daerah Sebagai Green Leaders Dalam Peningkatan Green Economy dan disampaikan oleh 4 narasumber yakni :

  1. Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X,
  2. Perwakilan Gubernur DKI Jakarta, Plt. Deputi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Vera Revina Sari,
  3. Walikota Ambon Richard Louhenapessy, SH,
  4. Walikota Madiun Drs. H. Maldi, SH., MM, M.Pd.
Ketugasan Protokoler Gubernur DIY Pada Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020