Pesona Budaya Nusantara “Kangen Sleman”

Jakarta, – Sabtu, 3 Agustus 2019 bertempat di Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah dilaksanakan acara “Gelar Pesona Budaya Nusantara 2019” bertajuk Kangen Sleman. Rangkaian acara Pesona Budaya Nusantara 2019 dimulai hari Jumat, 2 Agustus 2019 dengan acara penerimaan kontingen dari Kabupaten Sleman dan pembukaan pameran dari UMKM Kabupaten Sleman.


Acara penerimaan kontingen diisi dengan sambutan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Manager Program Budaya TMII dan Kepala Badan Penghubung Daerah DIY. Dilanjutkan dengan Pembukaan pameran oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman. Pameran ini menampilkan berbagai produk unggulan dari kabupaten Sleman.

Puncak acara Pesona Budaya Nusantara tersebut dilaksanakan Sabtu, 3 Agustus 2019 di Anjungan DIY TMII.  Acara yang juga dihadiri oleh duta besar dari beberapa Negara Tetangga ini menampilkan tarian Batik Sinom Parijotho sebagai pembuka acara dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Sleman yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sleman dan Sambutan Gubernur DIY yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur bidang Sosial Budaya dan Kemasyarakatan, Bapak Tri Mulyono.

Selain menampilkan Tari Batik Sinom Parijotho, Kabupaten Sleman juga menampilkan Tari Kridha Jati Rasa dan juga penampilan utama Sendratari Lokapala.

 

Pesona Budaya Nusantara merupakan kegiatan rutin tahunan dari Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Badan Penghubung Daerah yang menampilkan kebudayaan dan potensi dari kabupaten dan kota yang ada di Yogyakarta. Pada tahun ini yang berkesempatan untuk mengisi acara Pesona Budaya Nusantara adalah dari Kabupaten Sleman dan Pemkab Sleman mengusung kesenian Sendratari Lokapala sebagai inti pertunjukan pada malam itu.

Acara ini sebagai wadah promosi seni budaya daerah dan juga menunjukkan potensi-potensi daerah melalui pameran dari UMKM.

 

BANHUBDA DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *