Pagelaran Ketoprak Mataram dan Pentas Tari Diklat Anjungan DIY

Jakarta – Jumat 20 September 2019, Badan Penghubung Daerah DIY bersama Manajemen Taman Mini Indonesia Indah menggelar Pagelaran Ketoprak Mataram Daerah Istimewa Yogyakarta di Anjungan DIY TMII
dengan lakon “Tresno Sejati Seri Maling Julik Kamandaka” ditampilkan oleh para peserta diklat Anjungan DIY TMII. Pagelaran ini merupakan kolaborasi dari tiga diklat yang dimiliki Anjungan DIY yaitu diklat tari, karawitan dan ketoprak.

Acara dibuka dengan tari Kidung Alit yang merupakan tarian klasik Yogyakarta yang berkisah tentang kelahiran yang merupakan sebuah anugerah dari Yang Kuasa. Lakon “Tresno Sejati Seri Maling Julik Kamandaka” berkisah tentang  seorang Pangeran Putra Prabu Siliwangi dari Pajajaran dalam melakukan pengembaraan dengan menyamar menjadi pemuda Desa bernama Kamandaka, namun Kamandaka dalam penyamarannya dianggap pencuri atau maling yang kemudian terkenal dengan nama Maling Julik Kamandaka.

“Penyerahan Piagam Penghargaan dari Manajemen TMII kepada Kepala Badan Penghubung Daerah DIY”

Acara yang diadakan rutin setiap tahun ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan kesenian tradisional Yogyakarta kepada masyarakat luas, dan atas terselenggaranya acara tersebut, Manajemen TMII menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala Badan Penghubung Daerah DIY.

 

BANHUBDA DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *