Kukuhkan Pengurus Pusat IKG 2021-2026, Badan Penghubung Daerah DIY bersama Ikatan Keluarga Gunung Kidul Menggelar Pagelaran Campursari

Jakarta (22/3/2021) kaperda.jogjaprov.go.id – Badan Penghubung Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (Banhubda DIY) bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) sukses menggelar acara Pagelaran Campursari dalam rangka Pengukuhan Pengurus Pusat IKG periode 2021-2026 di Pendopo Anjungan DIY, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (21/3/2021) siang.

Acara dihadiri oleh Bupati Gunungkidul Bapak H. Sunaryanta dan Komisi A DPRD DIY yang diwakili oleh Ibu Retno Sudiyanti, SH., dan sejumlah tamu undangan yang menerapkan protokol kesehatan.
Prosesi Pengukuhan Pengurus Pusat IKG Diawali dengan kirab budaya Bregodo Prajurit Kraton –“Bregodo Lombok Abang (Wirabraja)” dan Pagelaran Campursari.

 

 

 

 

 

 

Acara dibuka dengan Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Pengurus IKG oleh Ketua Dewan Pengawas IKG Bapak Dr. Subani, SH, dilanjutkan Pembacaan Janji dan Komitmen Pengurus oleh Bapak Ketua Umum IKG Bapak Drs. Edi Sukirman, MM., kemudian dilanjutkan Pembacaan Naskah Pengukuhan Pengurus Pusat IKG oleh Bupati Gunungkidul Bapak H. Sunaryanta. Pengukuhan Pengurus Pusat IKG periode 2021-2026 ditandai dengan Penyerahan Bendera Pataka IKG dari Bupati Gunungkidul kepada Ketua Umum IKG.

“IKG memasuki masa tinggal landas.” Tutur Bapak Edi Sukirman dalam pidatonya beberapa saat setelah Pengukuhan Pengurus Pusat IKG resmi dilaksanakan. “Tentu pemikiran dan tenaga kita para pengurus IKG saat ini memikirkan warga kita. Kita akan memberbaiki perekonomian warga IKG. UMKM IKG ada ribuan di Jakarta ini. Mereka tentu akan kita bina, kita bentuk, dan kita promosikan agar ekonomi semakin baik. Kita juga akan menghidupkan koperasi.” Tambahnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Banhubda DIY Ibu Hj. Nugrohoningsih, SIP yang telah memfasilitasi acara Pengukuhan Pengurus Pusat IKG di Jakarta.

Ibu Hj. Nugrohoningsih, SIP, yang lebih akrab disapa Ibu Ninuk, dalam kesempatan pidato yang berbeda pun mengutarakan harapannya agar kerjasama dengan IKG yang selama ini berjalan dengan baik dapat berjalan lebih baik lagi ke depannya. “Semoga IKG dapat lebih mensejahterakan masyarakat IKG di Jakarta maupun sumbangsihnya ke Gunungkidul akan semakin baik.” Ujar Ibu Ninuk, yang selama 11 tahun pernah mengabdi di Pemda Kabupaten Gunungkidul.


Sekretaris Komisi A DPRD DIY Ibu Retno Sudiyanti, SH pun menyatakan apresiasinya atas perkembangan kabupaten Gunungkidul yang begitu pesat dalam pidato singkatnya. Beliau juga menyampaikan bahwa Komisi A DPRD DIY akan memberikan support untuk IKG ke depan.

Mendekati akhir acara, pidato terakhir oleh Bupati Gunungkidul Bapak H. Sunaryanta pun tidak bergeser dari topik terkait perkembangan dan kesejahteraan masyarakat IKG di Jakarta maupun di Gunungkidul. “Ada tiga hal yang akan saya dorong ke depan untuk IKG yaitu tentang pariwisata, investasi, dan ekonomi kerakyatan. Tiga hal ini tentu Pemerintah Daerah tidak akan bisa berjalan sendiri. Harapan saya, IKG akan bisa bekerja sama dan turut mewarnai kehidupan pembangunan ekonomi kabupaten Gunungkidul ke depannya.”

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama yang kemudian dilanjutkan kembali dengan hiburan Campursari.

BANHUBDA DIY