Kolaborasi Diklat Ketoprak, Karawitan dan Tari Ramaikan Pergelaran Ketoprak Mataram

Jakarta (8/3/2021) kaperda.jogjaprov.go.id – Pergelaran Ketoprak Mataram Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta yang diinisiasi oleh Badan Penghubung Daerah Pemda DIY (Banhubda DIY) yang berkolaborasi dengan anggota Diklat Ketoprak, Karawitan dan Tari Anjungan DIY kembali digelar pada Minggu (7/3/2021) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Bintang tamu Wainten, Marwoto dkk dari Yogyakarta yang merupakan artis populer ketoprak dan dagelan, secara khusus hadir memeriahkan Pergelaran Ketoprak di Anjungan DIY. Diawali pementasan Tari Sukosiwi dari Diklat Tari Anjungan DIY TMII, pergelaran dimulai pukul 10.30 WIB dengan mengangkat tema “Kamukten”.

Penampilan Tari Sukosiwi oleh Penari Diklat Tari Anjungan DIY

“Saya ikut nonton dan meramaikan ketoprakan ini mas. Setelah acara wayangan minggu lalu, insya Allah SMS juga akan menggelar ketoprakan di Jogja di pekan depan”, ujar Ketua SMS Dr. Drs. Tukiman Ws, S.H., M.M., M.H. yang turut hadir dalam acara tersebut.

Antusiasme penonton dari berbagai elemen masyarakat terlihat dari banyaknya jumlah orang yang hadir menonton serta tak bergeming walaupun hujan deras sempat mengguyur di tengah acara.

“Tadi dengan istri saya kehujanan dan lihat ramai-ramai di Anjungan DIY, ternyata ada ketoprakan. Ya sudah saya ajak anak istri kesini untuk neduh sambil nonton mas,” kata Purnomo pengunjung TMII asal Purworejo.

Bagi Sahabat Banhubda DIY yang tertarik dan berminat untuk bergabung Diklat Ketoprak, Karawitan dan Tari dapat menghubungi kantor Anjungan DIY TMII di nomor 021-8409343 atau 021-8409349.