Kolaborasi Diklat Kesenian Anjungan DIY TMII Kembali Digelar

Jakarta (19/9/2021) kaperda.jogjaprov.go.id – Sepanjang tahun 2021, Badan Penghubung Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mengadakan Pergelaran Ketoprak Anjungan DIY TMII untuk ketiga kalinya pada Minggu (19/9/2021) di Pendopo Anjungan DIY. Pementasan kali ini mengangkat cerita Putri Daniswari.

“Pada hari ini kembali kami Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Banhubda DIY) mempersembahkan pentas ketoprak yang mengambil tema Putri daniswari. Pentas seni dilaksanakan oleh Diklat Ketoprak Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta, binaan dari kami sendiri,” ucap Nugrohoningsih, SIP, Kepala Badan Penghubung Daerah DIY.

Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta TMII memiliki 3 pendidikan dan pelatihan (diklat) kesenian yang diperuntukkan bagi warga diaspora Jogja dan umum seperti Diklat Ketoprak, Diklat Tari dan Diklat Karawitan. Dalam pergelaran kali ini, turut andil peserta Diklat Tari Anjungan DIY yang masih remaja.

“Sebelum pentas ketoprak akan dilaksanakan pentas tari sebagai pembuka yang akan dilaksanakan oleh binaan dari kami juga, anak-anak dari Diklat Tari Anjungan Daerah Istimewa Yogyakarta,” tambahnya.

Pergelaran ketoprak kali ini terasa spesial karena dihadiri oleh maestro ketoprak yang datang langsung dari Yogyakarta.

“Untuk pentas ketoprak hari ini dihadiri langsung oleh mbah Waluyo dan ibu Ema Suhini. Beliau-beliau ini merupakan maestro-maestro ketoprak asli Jogja yang terkenal dagelan-nya. Semoga Bapak Ibu bisa terhibur nanti sebaik-baiknya. Kami berharap kesenian ketoprak, kesenian tari dari Jogja dapat lestari baik di Jakarta maupun di Jogja,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *