Kirab Budaya Karawang

Jakarta – Sabtu, 14 September 2019 di Karawang, telah dilaksanakan Kirab Budaya dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Karawang ke 386.

Badan Penghubung Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta turut memeriahkan kirab tersebut dengan menampilkan “PENTHOEL SANG PEKATHIK”. Arak-arakan ini ber ide dasar dari tokoh Penthoel dan Bejer yang biasa ada dalam kesenian rakyat Jathilan, namun kali ini yang diangkat adalah tokoh Penthoel sebagai pekathik atau tukang pemelihara kuda para prajurit dan kuda kesayangan Raden Panji Asmoro Bangun. Sesuai dengan karakter sang Penthoel, maka rias busana dalam arak-arakan ini adalah rias karakter topeng gecul atau lucu agar lebih menunjang kemeriahan arak-arakan tersebut.

“Tim Kesenian Menampilkan Atraksi Sepanjang Perjalanan Kirab”

 

Rangkaian acara yang berlangsung lebih dari 3 jam dan dimulai pada pukul 20.00 , dibuka oleh sambutan Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan dimeriahkan oleh penampilan 52 peserta dengan berbagai kesenian. Peserta mulai berjalan dari Klenteng Bio Kwan Tee Koen menuju panggung kehormatan untuk menampilkan atraksi kesenian dihadapan Bupati Karawang dan tamu undangan local dan expatriate.

“Penampilan Tim Kesenian di Hadapan Bupati Karawang dan Tamu Undangan”

 

Kepala Badan Penghubung Daerah DIY Nugrohoningsih, SIP juga turut serta untuk memberikan cendera mata kepada Bupati Karawang yang  dengan antusias menyaksikan penampilan tim kesenian Yogyakarta.

 

BANHUBDA DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *