Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke-19 Tahun 2019

Jakarta- Sabtu, 6 April 2019 telah dilaksanakan Gelar Seni Budaya Yogyakarta 2019 di Anjungan DIY Taman Mini Indonesia Indah. Gelar Seni Budaya Yogyakarta ke 19 tahun 2019 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hadeging Nagari Ngayogyakarta ke-272. Rangakain acara mulai dilaksanakan tanggal 4  April 2019 dengan agenda pengajian sekaligus persiapan acara, dilanjutkan penerimaan Kontingen atau Tim Kesenian  dari 5 kabupaten/kota se Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan DIY serta Puro Pakualaman pada hari berikutnya.

Acara puncak yang dilaksanakan pada malam hari, sabtu 6 April 2019 dihadari oleh  Wakil Gubernur KGPAA  Paku  Alam X, DPRD DIY, Perwakilan pejabat daerah se DIY, Corps Diplomatic dan Ekspatriat Negara sahabat, Komunitas warga Jepang, Paguyuban warga se-DIY di Jabodetabek serta para tamu undangan lainnya.

Pentas dibuka dengan Tari “Golek Wirogorini” yang ditampilkan oleh Tim Kesenian dari Dinas Kebudayaan DIY dan dilanjutkan dengan sambutan Wakil Gubernur DIY mewakili Gubernur DIY yang menyampaikan tentang pelaksanaan Gelar Seni Budaya Yogyakarta 2019 memiliki nilai sebagai upaya untuk meningkatkan promosi potensi daerah kepada masyarakat luas, sekaligus merupakan media untuk memupuk, membudayakan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai adat dan budaya, serta seni yang ada di Yogyakarta.

 

Pagelaran seni yang dipentaskan diantaranya adalah Beksan Golek Kusumo Asri yang ditampilkan oleh Tim kesenian dari Puro Pakualaman Hudyana Jakarta, Musik Garapan “Pancer” oleh Tim Kesenian dari Kota Yogyakarta, Tari “Gandrung” oleh Tim Kesenian dari Dinas Kebudayaan DIY, Upacara Adat “Saparan Ki Ageng Wonolelo” oleh Tim Kesenian dari Kabupaten Sleman, Tari Garapan “Panji Semiran” oleh Tim Kesenian Kabupaten Kulon Progo, Fashion Art “Sinjang Serat Ngayogjan” oleh Tim Kesenian Kabupaten Bantul, Sendratari “Babad Alas Nongko Doyong” oleh Tim Kesenian dari Kabupaten Gunung Kidul.

 

BANHUBDA DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *