Belajar Nembang di Workshop Macapat 2019

Jakarta – Sabtu, 21 September 2019 bertempat di Anjungan DIY TMII diselenggarakan Workshop Macapat oleh Badan Penghubung Daerah DIY bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY.

Macapat merupakan kesenian lagu tanpa musik yang sudah berkembang dari Jaman Pemerintahan Demak yang berisi cerita, sejarah, nasihat dan aturan-aturan dalam berkehidupan. Setiap tembang dalam macapat memiliki maknanya masing-masing dan tembang-tembang dalam macapat menggambarkan kehidupan manusia di dunia  dari lahir sampai meninggal dunia.

“KMT. Projosuwasono memandu latihan macapat pada workshop macapat 2019”
“Pementasan Macapat pada malam hari”

 

Rangkaian acara dimulai dari siang hari sampai malam hari. Diikuti oleh mahasiswa, tokoh paguyuban, peserta diklat anjungan DIY dan juga para blogger seni budaya. Pada siang hari dilaksanakan Latihan Macapat dipandu oleh KMT. Projosuwasono dari Pamulangan Macapat Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Pada malam harinya disampaikan materi oleh Dr. Karsono Hardjo Saputra, S.S,M.Hum dan dilanjutkan pementasan macapat oleh seluruh peserta workshop yang telah berlatih di siang hari, serta tamu undangan yang dipimpin kembali oleh KMT. Projosuwasono.

Acara workshop ini sebagai pengenalan seni macapat pada masyarakat khususnya kaum milenial yang berada di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *