Badan Penghubung Daerah Mewakili DIY di Malam Anugerah ASN

Jakarta – Ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada hari Senin, 02 Desember 2019 kemarin yang bertempat di Auditorium LPP TVRI Senayan Jakarta dan disiarkan secara langsung pada pukul 20.00.

Anugerah ASN dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Selain itu, turut hadir pejabat dari berbagai kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Terdapat beberapa kategori dalam Anugerah ASN 2019 yakni PNS Inspiratif, PPT Pratama Teladan, dan The Future Leader. Para nominen yang sudah melalui proses seleksi sebelumnya akan memperebutkan Piala Adhigana untuk tiga terbaik di masing-masing kategori.

Adhigana, dalam Bahasa Sansekerta bermakna seorang individu dari golongan unggul. Secara lebih dalam, sifat dari nama Adhigana memiliki ciri peduli sesama, dermawan, tidak mementingkan diri sendiri, patuh terhadap kewajiban, serta ekspresi kreatif. “Ini sifat-sifat yang harus ada dalam diri ASN,” jelas Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja.

Sebuah prestasi membanggakan datang dari Kulon Progo Yogyakarta. Pasalnya salah satu ASN Kulon Progo masuk dalam kategori nomisasi The Future Leader. Kategori The Future Leader merupakan kategori baru dalam ajang Anugerah ASN. Kategori ini diperuntukkan bagi ASN berusia dibawah 38 tahun yang memiliki inovasi serta terobosan bagi unit kerjanya. Susilo Ratnawati, ASN dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, terpilih sebagai terbaik ketiga untuk kategori The Future Leader. Keikutsertaan ASN dari kalangan kaum muda dalam ajang ini juga sebagai rebranding ASN, yang menunjukkan bahwa ASN mampu berkompetisi dan mengikuti perkembangan jaman.

Berikut daftar pemenang penghargaan Anugerah ASN 2019 :

TIGA TERBAIK PNS INSPIRATIF
1. Jaya Setiawan Gulo (Kementerian Keuangan)
2. Nani Yulia (Kepolisian Resort Brebes)
3. Virna Dwi Oktariana (Kementerian Kesehatan)

TIGA TERBAIK PPT PRATAMA TELADAN
1. Dwi Teguh (Direktorat Jenderal Bea dan Cukai)
2. Iwan Dakota (Kementerian Kesehatan)
3. Iwan Suprijanto (Kementerian PUPR)

TIGA TERBAIK THE FUTURE LEADER
1. Aryo Pamoragung (Kementerian Komunikasi dan Informatika)
2. Aldiwan Haira Putra (BPKAD Kabupaten Empat Lawang)
3. Susilo Ratnawati (Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo)

 

BANHUBDA DIY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *